Mac Programming untuk pemula dengan Objective-C, Cocoa, dan Xcode. (Part 1)

Apple-Updates-Leopard-and-Tiger-Mac-OS-X-10-5-6-and-Mac-OS-X-10-4-11

Hellow juragans! Kali ini saya mau menulis bagaimana membuat program dalam basis operasi Mac, dengan tools Objective-C, Cocoa, dan Xcode.

Tentu saja tulisan ini tidak diperuntukan buat mereka yang sudah advance di bidang Mac Programming. Buat yang sedang belajar, dan yang mau belajar. Smile.

Jangan lupa! Semua yang dibicarakan disini tentu saja dalam lingkungan sistem operasi Mac ya.Winking smile   Ok! Mari kita mulai!

1. PENGERTIAN PROGRAMMING

Pada hakikatnya, programming adalah kita menuliskan instruksi agar dapat dimengerti dan dilakukan oleh komputer. Itu saja. Tidak lebih.

Nah! Coba saya tanya. Apa kamu pernah menuliskan sebuah resep masakan? Kalau ya, itu sebenarnya kamu sudah melakukan hal mendasar dari penulisan program. Kok bisa?

Hehe…sini saya jelasin…

Kuncinya simpel! Ketahuilah apa yang hendak anda inginkan, dan setelah itu tuliskan langkah – langkah / instruksi yang benar (tentu saja harus benar dong…) untuk mencapai apa yang anda inginkan tadi. That’s a simply basic of programming!

Simpel ya…secara teori ya. Programming adalah detail. Pastikan kamu tahu dengan jelas apa yang kamu inginkan/ingin buat. Kalo kamu ingin membuat sebuah masakan misalnya “soto ayam” , maka kamu harus mengikuti resep soto ayam. Jangan semur jengkol! Beuh…bisa kacau itu mah Open-mouthed smile. Selain sudah pasti menyalahi aturan dasar programming tadi, bisa bikin ente malah makan nambah terus…kapan coding nya gaaaan….hehe

------------- to be continued: makan dulu -----------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar